Android Dulu Atau IOS?

No Comments

Untuk saat ini mobile app developer hanya punya dua pilihan, membuat aplikasi Android atau iOS terlebih dahulu. Pemilihan dua mobile platform tersebut bukan tanpa alasan mengingat keduanya merupakan perupakan penguasa jagat mobile, terutama smartphone.

Namun dari keduanya, aplikasi untuk mobile platform mana yang lebih baik didahulukan oleh seorang developer?

Dalam sebuah Wawancara Mashable dengan seorang developer iOS, Kevin Harwood, didapatkan informasi betapa pentingnya memilih sebuah platform bagi seorang developer. Dan hal itu pula yang selama ini menjadi pertanyaan para developer aplikasi.
“Bisa saya katakan betapa pentingnya bagi Anda melakukan riset terhadap user untuk memahami kondisi user yang ingin Anda buatkan aplikasi itu, dan selanjutnya membuat keputusan cerdas berdasar data riset.”
Di AS, contohnya. iOS dan Android terbagi dalam porsi yang hampir sama sementara di Brazil pengguna Android jauh lebih besar dari iOS.

Selain menekankan pentingnya mengetahui pasar user, Harwood juga menjelaskan mengenai bahasa pemrograman untuk para developer iOS. Pertam, dia merekomendasikan agar developer pemula belajar cara memprogram sebelum fokus pada bahasa pemrograman tertentu.

Menurut Harwood, iOS dibuat menggunakan Objective-C, yang sangat dibatasi dan jarang ditemukan dipakai di luar Apple. Ia merekomendasikan penggunaan Ruby sebagai bahasa pemrograman yang lebih dinamis.

Nah, bagi Anda yang saat ini telah punya ide untuk membuat sebuah aplikasi mobile unik, jangan lupa untuk terlebih dahulu melakukan riset pasar demi mengetahui user mana yang akan Anda sasar dan lebih menguntungkan, iOS atau Android ;)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment